27/02/15

Metodologi Penelitian Kualitatif

Judul Buku: Metodologi Penelitian Kualitatif
Penulis: Dr. Drs. Rulam Ahmadi, M.Pd.
Penerbit: Ar-Ruzz Media
Tebal: 316 hlm
Ukuran: 17 x 24 cm.
ISBN: 978-602-7874-82-4

Harga: Rp. 85.000   Rp.76.500



Penelitian kualitatif merupakan paradigma penelitian yang menekankan pada makna, penafsiran, dan pengetahuan dalam perspektif partisipan. Agar dapat melaksanakan penelitian kualitatif dengan baik, dibutuhkan strategi tepat yang sejalan dengan karakteristik penelitian kualitatif.

Kehadiran buku ini menjadi penting karena kesulitan yang umumnya ditemui para peneliti pemula adalah menentukan fenomena sebagai objek penelitian. Ini karena sebagai peneliti—terutama dalam studi ilmu sosial-humaniora—dibutuhkan kemampuan mengambil jarak terhadap realitas. Selanjutnya, berkaitan dengan pilihan metode penelitian macam apa yang digunakan: apakah penelitian kualitatif ataukah kuantitatif?

Inilah sebuah buku yang membahas dan mendalami penelitian kualitatif, yakni apa dan bagaimana penelitian kualitatif diterapkan dalam sebuah penelitian. Buku ini sangat membantu para peneliti mampu secara kompeten menerapkannya dalam praktik. Sebab, pembahasan tidak melulu secara teoretis, tetapi mencakup petunjuk langkah-langkah praktis bagaimana peneliti terjun langsung ke ranah penelitian.

Sebuah buku yang rugi bila tidak dibaca oleh setiap kita yang suka mengadakan penelitian atau mempunyai ketertarikan terhadap ilmu penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar