10/04/15

Permak Blog Agar Semakin Asyik

Judul Buku: Permak Blog Seminggu Tanpa Pegel Linu
Penulis: Abdul Cholik
Penerbit: Sixmidad
Tebal: vi + 180 hlm.
ISBN: 978-602-0997-08-7

Harga: Rp.38.000   Rp.34.500

Bagi para sahabat yang mempunyai blog berbasis Blogspot, buku terbaru karya Pakde Abdul Cholik ini layak untuk dibaca dan praktikkan. Saya sudah membacanya lembar demi lembar, betapa banyak hal yang menarik untuk saya coba dan praktikkan agar blog semakin asyik dan keren.

Buku ini terdiri dari empat bagian. Pada bagian pertama, Pakde berbagi ilmu dan tips kepada pembaca tentang bagaimana mengubah tampilan Blogspot. Di antaranya, mengubah background header, membuat tampilan judul keren, memasang laman, sitemap, pavicon, mengubah navbar, memasang gadget, badge Facebook, banner Google Pagerank, mengelola artikel, mengganti template, dan masih banyak lagi.

Pada bagian kedua, Pakde Cholik mengajak pembaca untuk bagaimana caranya mengeset ulang blog. Misalnya, mengubah settingan bawaan Blogspot, menata ulang post and comments, posting menggunakan gadget dan email, mengubah bahasa dan formatting, dan memanfaatkan Blog Tools.

Selanjutnya pada bagian ketiga, Pakde Cholik mendedah beberapa hal yang sebaikan dilakukan oleh seorang blogger dan hal-hal yang sebaiknya dihindari. Sungguh, hal ini penting agar ngeblog semakin asyik bagi sang blogger dan kian menyenangkan bagi pengunjung blognya.

Pada bagian keempat ini Pakde Cholik memberikan bonus kepada pembaca tercinta. Yakni, cara mendaftarkan Sitemap Blog di Google Webmaster Tool, tentang bagaimana blogger agar tak kekurangan ide, ihwal share artikel di media sosial, cara memasang blogroll di blog model dropdown, dan beberapa istilah yang sering dipakai oleh blogger dan penting untuk kita ketahui.

Sebuah buku yang penting untuk dibaca dan praktikkan agar blog yang kita kelola semakin asyik dan menyenangkan, baik bagi kita yang mengelola blog maupun para sahabat yang mengunjungi blog.

8 komentar:

  1. Pakde ini sangat produktif ya pak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, Mbak Santi Dewi. Pakde memang luar biasa :)

      Hapus
  2. hiks, aku harus baca buku ini, soale pake blogspot dan belum terlihat cantik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Junita Sari Siregar, saya juga mendapatkan banyak manfaat dari buku ini.

      Hapus
  3. Silakan diborong Jeng
    Matur nuwun Mas Azzet
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami, Pakde.
      Semoga laris manis.
      Salam hangat juga dari Jogja.

      Hapus
  4. wah, jadi pingin beli.. gimana caranya, Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..., kalah cepet jawabnya saya dengan yang di WA ya, Mbak.
      Oke, Mbak, makasih banyak yaaa.

      Hapus