25/02/15

Buku Parenting: Betapa Lucunya Anak-Anak Kita

Judul Buku: Betapa Lucunya Anak-Anak Kita
Penulis: Chairil ZM
Penerbit: Pro-U Media
Tebal: 178 hlm.
ISBN: 978-602-7820-19-7

Harga: Rp.32.000   Rp.29.000




“Meski bukan buku kumpulan humor, tapi saya selalu saja tertawa membaca setiap tulisan yang ada dalam buku mencerahkan ini. Ada banyak pikiran, pertanyaan, maupun imajinasi anak yang lucu, menggembirakan, spontan, kritis, berhikmah, dan tak jarang menyentak kesadaran. Sungguh, memperhatikan sekaligus memahami setiap yang terekam sebagaimana dalam buku ini penting bagi para orangtua dan guru agar dapat mendampingi mereka belajar menjadi cerdas dan dewasa.”

Demikianlah saya menulis endorsement seusai membaca naskah buku ini sebelum diterbitkan.

Asyik dan menyegarkan. Inilah kesan saya yang sangat melekat terhadap buku ini. Membacanya secara urut dijamin tak jenuh. Dibaca secara acak pun oke banget. Pembaca diajak masuk ke dunia anak-anak yang memang menyenangkan dan polos, namun justru tak jarang memantik kesadaran kita selaku orangtua, guru, atau siapa pun yang senang dengan dunia anak-anak.

Berikut saya kutip satu kisah yang ada dalam buku ini:

Dua orang anak kecil sedang asyik bermain di teras rumah. Di saat yang bersamaan, seorang pedagang keliling lewat di depan mereka dan berteriak, "Nasgor…, nasgor…."
Penasaran dengan istilah yang baru didengarnya, si kecil bertanya kepada kakaknya, "Nasgor tu apa sih, Kak?"
"Nasgor itu singkatan dari Nasi Goreng…."
"Owh…," si kecil seolah mengerti.
Beberapa menit kemudian lewat di depan mereka pedagang batagor sambil mengumandangkan dagangannya, "Batagor…, batagor…."
"Kak, kalo batagor apaan?" selidik si kecil lagi.
"Hmh…," balas si kakak seperti sedang berpikir keras, “Dik, batagor itu Bata Goreng….” []

Inspirasi:
# Anak-anak punya rasa ingin tahu yang begitu besar. Kadang mereka juga suka menafsir-nafsirkan sendiri arti dan kepanjangan suatu kata.
# Mumpung masih di masa emas, beri anak-anak banyak kosakata baru tanpa menghilangkan penjelasan gamblang sesuai konteksnya.

Tak hanya berisi kumpulan kisah yang sebagian besar dilihat, didengar, dan direnungkan penulis yang bergelut dengan dunia anak-anak, namun di akhir setiap kisah juga dituliskan inspirasinya yang memikat.

Buku ini semakin segar karena di beberapa kisah juga diperkuat dengan ilustrasi yang lucu dan menarik. Dengan demikian, anak-anak dan remaja pun akan senang bila membaca buku ini. Sebuah buku yang penting untuk dibaca bagi setiap anggota keluarga.

Mari kita mengambil inspirasi dari kelucuan, kepolosan, dan keindahan dunia anak-anak melalui buku yang bagus ini.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya, Mbak Harie Khairiah, saya sudah membacanya, buku ini memang menarik sekali :)

      Hapus