14/02/15

Tuntunan Shalat Fardhu dan Sunnah

Judul Buku: Tuntunan Shalat Fardhu & Sunnah
Penulis: Akhmad Muhaimin Azzet
Penerbit: Darul Hikmah
Tebal: 202 hlm.
ISBN: 978-979-25-4773-3

Harga: Rp.38.000   Rp.34.000


Kedudukan shalat sangat penting dalam agama Islam. Ditegaskan oleh Nabi Muhammad Saw. bahwa shalat adalah tiang agama. Maka, siapa pun yang meninggalkannya, berarti telah meruntuhkan agamanya.

Shalat juga menjadi tolok ukur apakah amal seorang Muslim baik atau tidak pada hari perhitungan kelak. Jika shalat seseorang baik, amal yang lain akan dihitung sebagai amal baik. Sebaliknya, jika shalatnya buruk, amal yang lain akan dihitung sebagai amal buruk.

Oleh karena itu, sebagai insan yang beriman dan berakal, tentu kita tidak ingin menjadi orang yang lalai dan celaka karena meninggalkan ibadah shalat atau shalat kita tidak sempurna. Sedapat mungkin kita berupaya agar ibadah shalat kita diterima oleh Allah Swt.

Untuk mencapai hal itu, kita harus memahami bagaimana cara ibadah shalat yang benar menurut syariat Islam. Buku ini memandu kita beribadah shalat sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Pembahasannya meliputi syarat, rukun, tata cara, dan yang hukumnya sunnah dalam beribadah shalat.

Sebagai tuntunan, buku ini sengaja ditulis secara lengkap, mudah diikuti, dan urut dari arti dan kedudukan shalat dalam Islam, masalah bersuci (wudhu, mandi besar, tayamum), shalat fardhu (seputar adzan dan iqamah, shalat lima waktu, shalat Jamaah, shalat fardhu yang dijamak, shalat ketika sakit, shalat Jum’at, shalat Jenazah), maupun macam-macam shalat sunnah (shalat Rawatib, Tahajjud, Tarawih, Witir, Dhuha, Istikharah, Taubat, Hari Raya, Gerhana, Istisqa, dll).

Buku ini juga dilengkapi dengan tulisan latin untuk membantu pembaca yang belum bisa membaca doa dan bacaan shalat yang yang ditulis dengan huruf Arab. Semakin mempermudah pembaca, buku ini dilengkapi pula foto-foto urutan berwudhu, tayamum, dan gerakan shalat.

Demi sesuatu yang sangat penting dalam keislaman kita, sungguh buku ini penting untuk dimiliki setiap keluarga Muslim. Agar seluruh anggota keluarga dapat membaca dan belajar lebih mendalam lagi perihal shalat.

Bagi para sahabat yang mempunyai rezeki lebih, membeli buku ini lalu diberikan kepada sahabat yang lain atau taman bacaan, semoga menjadi kebaikan, pahalanya mengalir, dan mendapatkan ridha-Nya. Allaahumma aamiin… 

6 komentar:

  1. ini sungguh buku yang dashyat pak ustadzz.. saya salut dengan pak akhmad.... semoga amal diterima selalu pak aamiin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah..., terima kasih banyak ya, Mas Angki. Aamiin...
      Salut juga saya dengan semangat dan tulisan-tulisan Mas Angki di blog dengan foto-foto yang bagus.

      Hapus
  2. Bunda juga udah punya nih bukunya, hadiah dari Kang Azzet dulu itu. Sering dibaca juga, tapi gak selesai-selesai bacanya,hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah..., semoga bermanfaat ya, Bunda Yati Rachmat.

      Hapus
  3. amin
    heem.ditunggu loh janjiny yg ditulis di FB Warung blogger
    nanti aq review bwt readeng challange

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Tyaseta Sardjono, insya Allah. Sebab, ini menjadi rencana rutin kedai untuk bisa berbagi buku, diusahakan bisa setiap hari Jum'at sebagai tanda syukur kepada-Nya. Makasih banyak atas kunjungannya yaaa.

      Hapus